Microsoft Office Excel
Pengertian Microsoft excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office
yang digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika). Program ini sering
digunakan oleh para akutan untuk menuliskan atau mencatat pengeluaran dan pemasukan
didalam perusahaan atau suatu lembaga maupun instansi-instansi kecil. Microsoft
Excel juga sering digunakan oleh ibu rumah tangga untuk menulis atau mencatat
keuangan dalam rumah tangga sepertihalnya pengeluaran atau pemasukan dalam tiap
bulan atau minggu.
Microsoft Excel adalah program kedua yang mandasar dalam suatu computer
setelah Microsoft Word, keduanya saling berkaitan dalam kehidupan sehari-hari.
Banyak para akutan yang mengerti dan bisa mengoprasikan program ini tapi bukan
hanya seorang akuntan saja yang bisa anak smp pun juga bisa mengoprasikan
program ini, karena dibangku smp kita telah mempelajari tentang Microsoft
Excel.
Microsoft Excel sangat berguna untuk masalah-masalah keuangan bahkan
utang piutang pun juga bisa dicatat dalam program ini. Para ahli computer
menciptakannya untuk mempermudah kita dalam keuangan dalam kehidupan kita.
Didalam program ini kita dapat membuat grafik menggunakan program
Microsoft Excel. Dengan cara menggunakan bantuan tombol Toolbar Chart Wizard.
Kita dapat memilih grafik dengan bentuk yang kita ***, seperti bentuk
lingkaran, garis, kolom, area, radar, dan scatter. Kita dapat memilihnya dengan
cara mengklik Tab Custom Types. Didalam program ini kita juga dapat menggunakan
Wordart semacam bentuk huruf atau model huruf yang merupakan variasi teks dan
juga toolbar drawing yang digunakan untuk membuat garis, kotak, dan lingkaran.
Kita dapat menggunakannya dengan cara mengklik insert, pilih picture setelah
itu klik Wordart maka akan tampil variasi huruf yang menarik.
Microsoft Excel memiliki fasilitas yang sangat modern yaitu pengurutan
data secara otomatis. Cara pengurutannya juga dapat dibedakan menjadi 2 yaitu
1. Ascending atau pengurutan mulai data yang terkecil sampai terbesar. 2.
Descending atau pengurutan dari yang besar ke yang kecil.
Microsoft EXCEL
Gambar
Komputer PC-IBM CompatibleMicrosoft EXCEL adalah salah satu program spreadsheet
yang paling banyak digunakan dalam komputer pribadi di seluruh dunia. Dalam
perkembangannya Microsoft Excel dibuat dalam berbagai jenis platform, semula
dalam versi DOS, kini juga ada dalam versi Windows, versi OS/2, versi MacOS dan
versi Windows NT. Program Microsoft Excel seperti program jenis spreadsheet
pada umumnya, digunakan untuk segala sesuatu yang berhubungan dengan tabel,
angka-angka dan grafik. Misalnya untuk membuat tabel daftar nama siswa berikut
nilai ulangannya, rata-rata nilainya serta grafik nilai siswa. Dalam aplikasi
perkantoran misalnya untuk membuat tabel daftar karyawan berikut posisi jabatan
masing-masing karyawan dan besarnya gaji serta tunjangannya, dan masih banyak
lagi lainnya.
Sejarah Microsoft Excel
Microsoft Excel adalah salah satu software (piranti lunak) jenis
spreadsheet yang dibuat oleh perusahaan raksasa Microsoft, perusahaan yang juga
membuat sistem operasi Windows yang terkenal itu. Microsoft Excel dapat berdiri
sendiri atau merupakan bagian dari Microsoft Office, suatu suite programme
(gabungan beberapa program namun berfungsi sebagai satu kesatuan program/saling
terkoneksi satu sama lain).
Piranti lunak (software) type spreadsheet mulai dikenal ketika
diperkenalkannya software VisiCalc pada suatu pameran komputer di Amerika tahun
1979. Saat itu VisiCalc masih diperuntukkan untuk komputer berbasiskan Sistem
Operasi UNIX. Program ini kemudian dibeli oleh perusahaan Lotus. Akhirnya Lotus
membuat software spreadsheet sendiri yang dibuat berdasarkan pengembangan dari
VisiCalc yang diberi nama Lotus 1-2-3. Lotus 1-2-3 menjadi standard software spreadsheet
untuk beberapa waktu lamanya sebelum kemudian Microsoft mempopulerkan produk
Excel-nya dengan basis Windows (Microsoft Excel 4.0 for Windows). Semenjak
itulah Microsoft Excel memimpin aplikasi software spreadsheet. Tabel di bawah
ini menjelaskan kronologis singkat pengembangan Microsoft Excel.
Versi Tahun Keterangan
2 1987 Excel semula dikembangkan untuk PC berbasiskan Apple-MacIntosh. Produk pertama bagi PC-IBM langsung memakai Versi 2.0, semata-mata untuk menyeragamkan versi Excel untuk Macintosh yang sudah mencapai versi 2.0.
3 1990 Menyertakan toolbar, kemampuan menggambar, grafik 3-D (tiga dimensi) dan beberapa tambahan fasilitas lainnya.
4 1992 Adalah versi yang terpopuler. Menyertakan banyak fasilitas tambahan lainnya. Versi Microsoft Excel for Windows dikeluarkan
5 1993 Perbaikan besar-besaran, termasuk kemampuan menampilkan beberapa lembar kerja sekaligus dalam suatu workbook.
7* 1995 Dikenal juga sebagai Excel 95. Penomoran versi langsung melompat ke versi- 7 tanpa ada versi-6, semata-mata agar terdapat keseragaman versi dengan software yang terintegrasi dalam Microsoft Office for Win’95. Versi ke-7 dari Excel dengan kemampuan 32-bit pertama walau fasilitasnya sebagian besar sama dengan versi 5.
8 1997 Dikenal juga sebagai MS-Excel 97.
9 1999 Dikenal juga sebagai MS-Excel 2000. Mengenali format bahasa HTML.
10 2001 Dikenal juga sebagai MS-Excel XP (Experience).
2 1987 Excel semula dikembangkan untuk PC berbasiskan Apple-MacIntosh. Produk pertama bagi PC-IBM langsung memakai Versi 2.0, semata-mata untuk menyeragamkan versi Excel untuk Macintosh yang sudah mencapai versi 2.0.
3 1990 Menyertakan toolbar, kemampuan menggambar, grafik 3-D (tiga dimensi) dan beberapa tambahan fasilitas lainnya.
4 1992 Adalah versi yang terpopuler. Menyertakan banyak fasilitas tambahan lainnya. Versi Microsoft Excel for Windows dikeluarkan
5 1993 Perbaikan besar-besaran, termasuk kemampuan menampilkan beberapa lembar kerja sekaligus dalam suatu workbook.
7* 1995 Dikenal juga sebagai Excel 95. Penomoran versi langsung melompat ke versi- 7 tanpa ada versi-6, semata-mata agar terdapat keseragaman versi dengan software yang terintegrasi dalam Microsoft Office for Win’95. Versi ke-7 dari Excel dengan kemampuan 32-bit pertama walau fasilitasnya sebagian besar sama dengan versi 5.
8 1997 Dikenal juga sebagai MS-Excel 97.
9 1999 Dikenal juga sebagai MS-Excel 2000. Mengenali format bahasa HTML.
10 2001 Dikenal juga sebagai MS-Excel XP (Experience).
Dasar-dasar
Penggunaan
Untuk dapat menggunakan Microsoft Excel, idealnya Anda harus terlebih dahulu menguasai dasar-dasar penggunaan Microsoft Windows dan penggunaan mouse. Anda juga harus sudah mengenal istilah-istilah komputer yang terdapat di sini dan mengenal fungsi tombol-tombol pada keyboard. Sebab nanti dalam prakteknya, sangat penting dan membantu Anda mempersingkat waktu, dibandingkan jika Anda tidak mengenal dan tidak mengetahui sama sekali.
Program Microsoft Excel merupakan bagian dari Microsoft Office pada
Windows 3.1Untuk mengaktifkan program Microsoft Excel pada Windows versi 3.1
dan 3.11 maka dari Program Manager, arahkan pointer mouse ke icon group
Microsoft Office lalu klik dua kali tombol sebelah kiri mouse. Setelah jendela
Microsoft Office terbuka , arahkan pointer mouse ke icon program Microsoft
Excel lalu klik dua kali lagi.
Sedangkan pada Windows 95/98/2000/Millenium, caranya click tombol Start,
lalu pilih Programs, kemudian sorot dan click Microsoft Excel (lihat gambar
dibawah ini). Atau jika sudah terdapat icon Microsoft Excel, maka icon tersebut
dapat langsung di click dua kali untuk mengaktifkan program Microsoft Excel.
Mengenal
Spreadsheet :
1. Tampilan
Menu Excel
Elemen-elemen Excel yang perlu Anda ketahui adalah : Title Bar, letaknya
paling atas, berisi judul program dan nama file yang dibuka. Pada Gambar 3
ditampilkan nama program yang digunakan yaitu Microsoft Excel dan nama file
yaitu Book 1 yang terdiri atas :
1. Lajur Menu, berisikan menu-menu Excel
seperti File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Data,
2. Standard Toolbar, berisikan
icon-icon standard Excel untuk file baru, membuka, menyimpan, mencetak, menghapus dan memindahkan, mencopy
dll.
3. Format Toolbar, berisikan icon-icon
yang mengubah tampilan format data, seperti tampilan jenis huruf (Arial),
ukuran/size huruf (10) cetak tebal (B), miring (I), garis bawah (U), lambang
keuangan ($), prosentase (%), menambah atau mengurangi tampilan desimal
1. Lajur Rumus, terdiri atas dua bagian
yaitu yang disebelah kiri menginformasikan sel yang aktif (pada Gambar 3
dibawah berikut ini tertulis B3), sementara di sebelah kanannya, menampilkan
isi pada sel yang aktif tersebut. Karena isi data pada contoh gambar ini kosong
(tidak ada) maka pada lajur rumus juga ditampilkan kosong.
2. Area lembar kerja (worksheet) adalah
bidang dimana kita menuliskan input dan sekaligus melihat outputnya. Area ini
terdiri atas beberapa kolom yang ditandai dengan huruf A, B, C dan seterusnya,
lalu beberapa baris yang ditandai dengan angka 1, 2, 3 dan seterusnya.
Perpotongan antara kolom dan baris disebut juga sel. Dalm contoh diatas, sel
yang aktif adalah sel B3 artinya terletak diperpotongan antara kolom B dan
baris ke-3.
Pada bagian pojok kiri bawah terdapat nama dari setiap worksheet (perhatikan gambar dibawah, lembar kerja yang aktif dalam Gambar 3 namanya Sheet1). Nama ini bisa diganti. Caranya arahkan pointer mouse ke nama worksheet, lalu click tombol kanan mouse Anda lalu pilih Rename. Setelah itu ketikkan nama worksheet yang Anda inginkan.
Pada bagian pojok kiri bawah terdapat nama dari setiap worksheet (perhatikan gambar dibawah, lembar kerja yang aktif dalam Gambar 3 namanya Sheet1). Nama ini bisa diganti. Caranya arahkan pointer mouse ke nama worksheet, lalu click tombol kanan mouse Anda lalu pilih Rename. Setelah itu ketikkan nama worksheet yang Anda inginkan.
3. Lajur Status Indikator Tampilan layar
ExcelTampilan Microsoft Excel
2. Area Worksheet
Area worksheet terletak di
tengah-tengah layar dan merupakan tempat dimana output tampilan dari aktifitas
kita ditampilkan di sini. Aktifitas yang dimaksud dapat berupa, misalnya :
memindahkan pointer, menyisipkan atau menghilangkan suatu baris/kolom, menghapus
data pada suatu sel atau range, dan lain sebagainya.
3.
Indikator/Penunjuk
Status
Penunjuk status terdapat di bagian bawah dari lembar kerja (worksheet). Dalam penunjuk status ini terdapat informasi mengenai keterangan perintah yang Anda sorot dari menu. Jika tidak ada perintah, maka akan ditampilkan status Ready (lihat dipojok kiri bawah) yang artinya Excel siap menerima perintah.
Status
indikator muncul saat Anda menekan tombol-tombol tertentu atau pada saat
Microsoft Excel melaksanakan sejumlah perintah tertentu. Berikut beberapa
contohnya :
Status
Penjelasan Status Penjelasan Status Penjelasan Status Penjelasan Status
Penjelasan
EXT Anda menekan tombol F8 untuk menambahkan seleksi ke sel lain CAP Anda menekan tombol Caps Lock untuk memasukan data label dengan huruf besar semua. OVR Anda menekan tombol Ins pada saat mengedit data yang mengakibatkan data yang Anda ketik akan meniban data sebelumnya. (OVR = Overstrike) NUM Anda menekan tombol Num Lock untuk pengetikkan angka dengan menggunakan numeric keypad (area sebelah kanan dari keyboard Anda). SCR Anda menekan tombol Scroll Lock untuk menggulung layar.
EXT Anda menekan tombol F8 untuk menambahkan seleksi ke sel lain CAP Anda menekan tombol Caps Lock untuk memasukan data label dengan huruf besar semua. OVR Anda menekan tombol Ins pada saat mengedit data yang mengakibatkan data yang Anda ketik akan meniban data sebelumnya. (OVR = Overstrike) NUM Anda menekan tombol Num Lock untuk pengetikkan angka dengan menggunakan numeric keypad (area sebelah kanan dari keyboard Anda). SCR Anda menekan tombol Scroll Lock untuk menggulung layar.
4.
Ukurannya
Lembar kerja (worksheet) terdiri atas beberapa kolom dan baris. Seluruhnya ada 256 kolom yang ditandai dengan huruf A,B,C,….Z dilanjutkan AA, AB, AC…AZ, lalu BA, BB…. lalu CA, CB … begitu seterusnya hingga IA, IB, IC ..s/d…IV. Sedangkan jumlah baris sebanyak 16384 baris ditandai dengan angka dari 1,2,3,4 ….dst. hingga angka 16384.
Lembar kerja (worksheet) terdiri atas beberapa kolom dan baris. Seluruhnya ada 256 kolom yang ditandai dengan huruf A,B,C,….Z dilanjutkan AA, AB, AC…AZ, lalu BA, BB…. lalu CA, CB … begitu seterusnya hingga IA, IB, IC ..s/d…IV. Sedangkan jumlah baris sebanyak 16384 baris ditandai dengan angka dari 1,2,3,4 ….dst. hingga angka 16384.
5.
Pengertian
Sel, Penunjuk sel (Pointer), Range
Sel adalah perpotongan antara baris dan kolom. Sel dinamakan berdasarkan
lokasi atau koordinatnya. Misalkan sel C10 adalah perpotongan antara kolom C
dan baris ke-10.
Sel Aktif
adalah sebuah sel yang Anda gunakan saat itu. Perbedaan antara sel aktif dengan
sel-sel lainnya ialah, pada sel aktif Anda dapat melakukan sejumlah aktifitas,
sementara pada sel-sel lainnya tidak bisa. Untuk mengaktifkan sel lain sebagai
sel aktif, Anda harus memindahkan dan meng-klik pointer ke suatu sel tertentu.
Dalam suatu lembar kerja hanya ada satu sel saja yang berfungsi sebagai sel
aktif. Lokasi sel yang aktif ditampilkan dalam lajur rumus .
Penunjuk
berfungsi sebagai Pointer. Sel yang ditunjuk atau disorot oleh pointer disebut
sebagai sel aktif. Sel aktif ditandai dengan kotak empat persegipanjang. Dalam
gambar 3 di atas, sel yang aktif adalah B3. Posisi sel B3 tertulis pada kotak
lokasi sel (perhatikan : letaknya di depan lajur rumus)
Worksheet Area adalah tempat yang
menampilkan lokasi sel atau range yang aktif.
Cara membuat Grafik dalam Microsoft
Excel
Oleh : Drs. Jesayas Anggiat Sirait.
Oleh : Drs. Jesayas Anggiat Sirait.
Microsoft Excel juga menyediakan
fasilitas untuk membuat tabel secara cepat. Pada umumnya grafik akan memudahkan
kita untuk melihat gambaran suatu perbandingan akan serangkain data yang ada.
Sebagai latihan, kita akan mencoba
sebuah grafik berdasarkan data tabel berikut di bawah ini (Data berikut ini
hanya fiktif) :
1). Salinlah contoh tabel di bawah ini
(data fiktif) :
Tabel Nilai Ulangan Komputer
Perbandingan Hasil Nilai Siswa
Perbandingan Hasil Nilai Siswa
No.: Nama Nilai-1 Nilai-2 Nilai
Rata-rata
1. Irene Duma 70 70 70
2. Mersa Lestari 80 70 75
3. Galuh Retno 65 60 62.5
4. Winda Satriana 70 55 62.5
5. Iman Hadi Pamungkas 70 65 67.5
6. Mega Anggraini 80 75 77.5
1. Irene Duma 70 70 70
2. Mersa Lestari 80 70 75
3. Galuh Retno 65 60 62.5
4. Winda Satriana 70 55 62.5
5. Iman Hadi Pamungkas 70 65 67.5
6. Mega Anggraini 80 75 77.5
2). Sorot / tandai seluruh daerah
mulai dari Nama hingga angka 77.5 Caranya :
* Dengan Mouse : mulai dari sel yang
berisi Nama, klik kiri dan tahan, lalu gerakkan mouse untuk menyorot data
hingga ke sel yang berisi 77.5
* Dengan keyboard : tahan tombol Shift
dan tekan tombol tanda panah dari Nama hingga angka 77.5).
3). Tentukan luas tampilan grafik
(misalnya mulai dari sel A11 s/d H30). Setelah itu Excel akan memandu Anda
dalam membuat grafik melalui 5 tahapan pembuatan Grafik.
* Tahap Pertama : akan ditampilkan
kotak dialog ChartWizard (step 1 of 5). Pada lajur kotak telah di isi dengan
range data yang Anda tandai pada tabel Anda. Lalu klik Next.
* Tahap Kedua : Kemudian Anda diminta
untuk menentukan salah satu tipe tabel. Pilihlah misalnya 3-D Bar. Lalu klik
Next.
* Tahap Ketiga : Pilihlah salah satu
tipe tampilan grafik. Misalnya kita akan memilih tampilan no.6. Lalu klik Next.
* Tahap Keempat : MS-Excel akan
menampilkan perkiraan bentuk grafik Anda. Klik Next untuk melaanjutkan.
* Tahap Kelima : MS-Excel akan
menanyakan apakah perlu diberi penjelasaan (Add a Legend ?) Pada tahapan ini
jika menandai Yes, Anda bisa memberikan judul pada grafik Anda, baik diatas
grafik, pada sumbu X dan sumbu Y. Setelah selesai memberikan judul, klik
Finish.
Rumus IF
=IF(Kondisi,X,Y) penulisan pada Excell
@IF(Kondisi,X,Y) penulisan pada Lotus-123
@IF(Kondisi,X,Y) penulisan pada Lotus-123
yaitu mengevaluasi nilai, apabila
sesuai dengan kondisi, maka akan diberikan argumen-X, tetapi apabila
sebaliknya, maka akan diberikan argument-Y
Berdasarkan contoh diatas, maka dapat
kita simpulkan bahwa :
* Guru yang telah bertugas selama 10 tahun
adalah sebagai argument Kondisi atau syarat yang harus dipenuhi oleh data yang
dievaluasinya.
* Tunjangan dari pemerintah sebesar
15% dari Gaji Pokok adalah argument-X.
Argument-X akan diberikan apabila data yang dievaluasi memenuhi persyaratan seperti tertulis pada argument kondisi
Argument-X akan diberikan apabila data yang dievaluasi memenuhi persyaratan seperti tertulis pada argument kondisi
* Tunjangan dari pemerintah sebesar 5%
dari Gaji Pokok adalah argument-Y.
Argument-Y akan diberikan apabila data yang dievaluasi tidak memenuhi persyaratan seperti tertulis pada argument kondisi
Argument-Y akan diberikan apabila data yang dievaluasi tidak memenuhi persyaratan seperti tertulis pada argument kondisi
Catatan : Argumen X dan Argumen Y bisa
berupa data angka, label ataupun rumus.
Seandainya data yang akan dievaluasi /
digunakan sebagai argument kondisi terdapat pada sel B4, sedangkan data Gaji
Pokok tertulis pada sel C4, maka penulisan rumus selengkapnya adalah sebagai
berikut (Harap diingat : tidak boleh ada spasi dalam penulisannya !) :
Excell : =IF(B4>=10,C4*15%,C4*5%)
Lotus : @IF(B4>=10,C4*15/100,C4*5/100)
Lotus : @IF(B4>=10,C4*15/100,C4*5/100)
SOAL – 2
Namun karena terjadinya pergantian
pemerintahan, maka terjadi juga pergantian kebijaksanaan, termasuk dalam hal kriteria
pemberian tunjangan guru. Menteri pendidikan yang baru misalnya menambahkan
kondisi ke-2 disamping kondisi yang sudah ada seperti diatas. Pemerintah
menentukan bahwa yang mendapatkan tunjangan adalah mereka yang juga berstatus
Guru PNS.
Nah lho, gimana donk ?
Nah lho, gimana donk ?
Untungnya dalam program spreadsheet
seperti Excel dan Lotus (perintah Lotus juga dapat dituliskan pada program
Quatro-Pro dari Borland Inc.) sudah disediakan rumus (Excel) atau penghubung
antara dua kondisi pada suatu argument kondisi dari suatu rumus logika (Lotus),
yaitu AND dan OR.
Untuk lebih jelasnya, perhatikan
penulisan rumusnya berikut ini :
Rumus AND
=AND(Kondisi-1,Kondisi-2)
[penulisan pada Excel]
[penulisan pada Excel]
yaitu mengevaluasi data, apabila
memenuhi kedua kondisi tersebut, akan menghasilkan nilai 1, atau diberikan
argument-X jika diterapkan dalam rumus logika IF. Apabila salah satu saja dari
kedua kondisi tersebut tidak dipenuhi, maka akan menghasilkan 0 atau argument-Y
apabila diterapkan dalam rumus logika IF. (Excel)
(Kondisi-1#AND#Kondisi-2)
[penulisan pada Lotus-123]
[penulisan pada Lotus-123]
yaitu yang menggabungkan dua kondisi
sebagai satu argument. (Lotus)
Rumus OR
=OR(Kondisi-1,Kondisi-2)
[penulisan pada Excel]
[penulisan pada Excel]
· yaitu mengevaluasi data, apabila
salah satu dari kedua kondisi tersebut dipenuhi, maka diberikan nilai 1 atau
argument-X jika diterapkan dalam rumus logika IF. Apabila kedua kondisi
tersebut tidak dipenuhi, maka akan menghasilkan 0 atau argument-Y apabila diterapkan
dalam rumus logika IF.
(Kondisi-1#OR#Kondisi-2)
[penulisan pada Lotus-123]
[penulisan pada Lotus-123]
· yaitu sebagai pilihan diantara dua
kondisi dalam satu argument kondisi. (Lotus)
Catatan :
Perbedaan mendasar antara Excel dengan
Lotus-123 dalam penggunaan AND dan OR adalah bahwa pada Excel, AND dan OR
adalah rumus tersendiri, sehingga masing-masing memiliki 2 argument, sedangkan
dalam Lotus-123 bukanlah suatu rumus, tetapi sebagai penghubung antara 2
kondisi dalam satu argument pada rumus kondisi (seperti pada rumus @IF misalnya).
Berdasarkan contoh diatas, maka dapat
kita simpulkan bahwa :
* Guru yang telah bertugas selama 10
tahun adalah argument Kondisi-1 atau syarat pertama yang harus dipenuhi oleh
data yang dievaluasinya.
* Guru yang berstatus = “PNS” adalah
argument Kondisi-2 atau syarat kedua yang harus dipenuhi oleh data yang
dievaluasinya.
* Tunjangan dari pemerintah sebesar
15% dari Gaji Pokok adalah argument-X.
Sekarang perhatikan :
Argument-X ini akan diberikan apabila data yang dievaluasi memenuhi persyaratan kedua kondisi (untuk rumus AND) atau cukup salah satu kondisi saja (untuk rumus OR).
Argument-X ini akan diberikan apabila data yang dievaluasi memenuhi persyaratan kedua kondisi (untuk rumus AND) atau cukup salah satu kondisi saja (untuk rumus OR).
* Tunjangan dari pemerintah sebesar 5%
dari Gaji Pokok adalah argument-Y.
Sekarang perhatikan :
Argument-Y ini akan diberikan apabila data yang dievaluasi hanya satu kondisi saja yang dipenuhi (untuk AND) atau kedua-duanya tidak memenuhi persyaratan seperti tertulis pada argument kondisi
Sekarang perhatikan :
Argument-Y ini akan diberikan apabila data yang dievaluasi hanya satu kondisi saja yang dipenuhi (untuk AND) atau kedua-duanya tidak memenuhi persyaratan seperti tertulis pada argument kondisi
Jika data yang akan dievaluasi dan
akan digunakan sebagai argument kondisi pertama terdapat pada sel B4, argumen
kondisi kedua terdapat pada sel C4 sedangkan data Gaji Pokok tertulis pada sel
D4, maka penulisan rumus selengkapnya adalah sebagai berikut
(PERHATIKAN : tidak boleh ada spasi dalam penulisannya !) :
(PERHATIKAN : tidak boleh ada spasi dalam penulisannya !) :
Dengan menggunakan AND
Excel :
=IF(AND(B4>=10,C4=”PNS”),D4*15%,D4*5%)
Lotus :
@IF(B4>=10#AND#C4=”PNS”,D4*15/100,D4*5/100)
=IF(AND(B4>=10,C4=”PNS”),D4*15%,D4*5%)
Lotus :
@IF(B4>=10#AND#C4=”PNS”,D4*15/100,D4*5/100)
Dengan menggunakan OR
Excel :
=IF(OR(B4>=10,C4=”PNS”),D4*15%,D4*5%)
Lotus :
@IF(B4>=10#OR#C4=”PNS”,D4*15/100,D4*5/100)
=IF(OR(B4>=10,C4=”PNS”),D4*15%,D4*5%)
Lotus :
@IF(B4>=10#OR#C4=”PNS”,D4*15/100,D4*5/100)
Penulisan rumus ini bisa Anda terapkan
pada program Excel dan Lotus dengan sistem operasi MS-DOS atau PC-DOS, OS/2
atau Windows.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar